Ibadah Keluarga Intergenerasi | Kamis, 20 Mei 2021

Gereja dan persekutuan yang kita miliki sejatinya bukan  hanya menjadi milik orang dewasa atau milik pendeta dan majelis saja, tetapi juga merupakan milik dari semua generasi yang ada di jemaat. Keterbukaan bagi setiap generasi merupakan sebuah pondasi bagi bangunan gereja dan persekutuan di masa mendatang. Menjadi gereja yang terbuka dan ramah bagi anak dan menjadi rumah bersama adalah cita-cita yang sudah sejak lama dibangun dan dimiliki oleh GKJW Jemaat Tunglur. Maka Ketika bidang persekutuan Majelis Agung GKJW mencanangkan soal gereja intergenerasi, sebenarnya di jemaat Tunglur hal ini bukan lagi hal yang baru. Hanya saja yang saat ini harus dihadapi dan dipecahkan bersama adalah: bagaimana keberlangsungan terbangunnya peran intergenerasi ini terus hidup dan berkembang di tengah masa pandemi?

Harus diakui bahwa masa pandemi yang kita sendiri masih belum tahu kapan akan berakhir ini akhirnya membawa kita pada adaptasi kebiasaan baru yang kemudian menuntut kita untuk tanggap dan menyesuaikan diri dalam rangka ikut serta mengambil bagian dalam keutuhan dan kelanjutan kehidupan yang didalamnya kesehatan menjadi hal penting yang harus dijaga.  Pada akhirnya seiring berjalannya waktu dan masih berlangsungnya pandemi virus corona ini, ibadah online dalam kelompok-kelompok kecil dan keluarga akhirnya membentuk dan menghidupkan persekutuan kecil di tengah keluarga. Hal inilah yang sebenarnya juga harus disyukuri karena memang selama ini mungkin tidak semua keluarga memiliki dan membangun persekutuan di kelompok kecil mereka.

Pada akhirnya meskipun ibadah Minggu sudah dilakukan secara tatap muka, namun untuk ibadah keluarga masih ada yang dilakukan secara online dalam kelompok-kelompok dan hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian persekutuan di dalam kelompok-kelompok kecil yang dilakukan di rumah. Jadi dalam satu bulan ibadah keluarga dilakukan sebanyak 4 kali terdiri dari PA, ibadah keluarga di rumah secara daring dan PTWG.. Untuk PA dan PTWG dilaksanakan di gereja sementara untuk ibadah keluarga dilakukan di rumah-rumah dan kelompok-kelompok.

Dalam rangka menghayati bulan Kesaksian dan Pelayanan  dan merayakan masa raya Pentakosta pada tahun ini, penayangan perdana  Ibadah Keluarga Intergenerasi dilakukan  sebagai bentuk keterlibatan semua generasi dalam bersaksi dan melayani. Keterlibatan dalam bersaksi dan melayani ini tidak hanya sebuah keterlibatan untuk menjadi petugas dalam ibadah tetapi juga keterlibatan dalam proses pembuatan video ibadah.

Harapannya agar semangat intergenerasi yang berwujud sebuah keterbukaan bagi semua generasi tidak hanya menjadi sebuah teori saja tetapi dapat diwujudkan dalam hal-hal yang nyata. Kerja sama dan keterlibatan antar generasi. Dinamika proses yang dialami mulai dari take video , editing hingga finishing sungguh menjadi pengalaman yang berarti terutama bagi anak, remaja dan pemuda yang menjadi kru dalam multi media jemaat.

Adanya kelas Mulung (Multimedia GKJW Tunglur)  juga menjadi semangat tersendiri bagi anak-remaja dan pemuda. Sebab dalam kelas ini tidak hanya terjadi proses transfer Ilmu, tetapi juga terjadi proses kaderisasi SDM dalam bidang multimedia di GKJW Jemaat Tunglur. Bersentuhan dengan alat-alat multimedia bukan hal yang asing lagi namun justru menjadi sebuah kesempatan untuk mengeksplor diri bagi anak-remaja dan pemuda yang terlibat di dalam kelas ini. Di bawah bimbingan Mas Edvin para peserta kelas nampak bersemangat dalam mengedit bagian-bagian yang mereka kerjakan. Geliat pertumbuhan generasi multimedia inipun membawa semangat bagi jemaat untuk terus melengkapi sarana prasarana pendukung dalam multimedia.


Dalam take video ibadah intergenerasi kali di bulan Pentakosta kali ini yang terlibat dalam take adalah Kelompok 1 dari kelas multimedia:

Unsur pemuda            : Edvin dan Risma;

Unsur remaja              : Fanya;

Unsur anak                  : Gabriel, Riko dan Christi.

Sementara untuk petugas dalam Ibadah Keluarga Intergenerasi adalah:

Pra ibadah                   : Pdt. Adi, Axel dan Fanya;

Pembawa Firman        : Pdt. Adi dan Dkn. Latifatul;

Organis dan Pemandu Pujian: Pnt. Krisna, Axel, Fanya dan Christi;

Doa Firman                 : Ibu Sundari;

Pembaca Alkitab         : Christi;

Pengantar Persembahan: Gabriel;

Doa Syafaat                 : Pdt. Adi, Pnt. Krisna, Dkn. Sukarni, Fanya, Axel, Gabriel dan Christi.

Melalui Ibadah Intergenerasi ini harapannya persekutuan di dalam keluarga dan kelompok serta keterlibatan semua generasi dalam bersaksi dan melayani makin terbuka, dan meskipun saat ini pandemi membuat segala sesuatu kian terbatas, namun janganlah ini menjadi penghalang bagi tumbuh kembang generasi serta kaderisasi dalam jemaat yang keduanya harus berjalan beriringan agar mulai saat ini hingga  di masa depan nanti semakin banyak generasi yang terlibat secara aktif untuk bersaksi dan terus melayani.

Untuk Ibadah Keluarga Intergenerasi kami sudah bisa diikuti melalui kanal YouTube GKJW Tunglur dengan link https://youtu.be/ajwTSOcz1I0

Selamat beribadah, Tuhan memberkati.













Penulis: Pdt. Adi Sih Nugroho

COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,192,Berita Jemaat,79,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,3,Bulan Kesaksian dan Pelayanan,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,11,Foto,125,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Buruh,1,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,71,Ibadah Padang,1,Ibadah Syukur,20,Intergenerasi,4,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,3,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,37,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,9,KPT,47,Lansia,1,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,17,Minggu Palmarum,1,Mulung,86,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Anak,1,Pekan Kebangunan Wanita,1,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,6,Pentakosta,3,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,Tupel,1,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,5,Warga,27,Wartawan Cilik,8,Yayasan Kesehatan,1,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Ibadah Keluarga Intergenerasi | Kamis, 20 Mei 2021
Ibadah Keluarga Intergenerasi | Kamis, 20 Mei 2021
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY6zviwmhNZtDD9UDcYmJhwChzRgqS19GiM483GdCPU_apsPaDXRUUY8VLNahi_xaYVCMy8fk0HQEGzwdF_RjLQ3vrWxEWDV3JhvEDEWbWaPF7IYnlVb_SJcQEBDbmBq_D64VCLw3VFak/s16000/9.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjY6zviwmhNZtDD9UDcYmJhwChzRgqS19GiM483GdCPU_apsPaDXRUUY8VLNahi_xaYVCMy8fk0HQEGzwdF_RjLQ3vrWxEWDV3JhvEDEWbWaPF7IYnlVb_SJcQEBDbmBq_D64VCLw3VFak/s72-c/9.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2021/05/ibadah-keluarga-intergenerasi-kamis-20.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2021/05/ibadah-keluarga-intergenerasi-kamis-20.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy