TEMU RAYA PAMONG MATARAMAN




Hari-hari ini mentari bersinar semangat sekali! Terik mentari membuat keringat menetes tiada henti. Belum lagi gerahnya cuaca yang terasa sampai ke rangka. Mestinya, hal - hal ini membuat kita enggan kemana-mana. Namun anehnya, itu semua tidak menyurutkan para peserta untuk menghadiri Temu Raya Pamong Rayon Mataraman di GKJW jemaat Maron, Sabtu 29 September 2018 sampai dengan Minggu, 30 September 2018. Malahan, kondisi cuaca yang panas menyengat itu nampaknya merupakan simbol semangat para peserta  yang membara menyambut keseruan acara..

Terbukti dengan kedatangan peserta yang sebelumnya telah dijadwalkan pada pukul 15.00, namun sejak pukul 13.00, telah banyak peserta yang berdatangan. Karena jadwal ibadah pembukaan masih pukul 17.00, peserta yang telah datang ini dihantarkan oleh panitia menuju ke tempat penginapan masing-masing yang disediakan oleh warga jemaat GKJW jemaat Maron. 


Acara dibuka dengan ibadah pembukaan yang dilayani oleh Pdt Galih Fendi C, S.Si pendeta GKJW yang melayani di jemaat Ngawi. Di dalam ibadah ini Pdt Fendi mengingatkan kepada para pamong untuk betul-betul menghidupi perannya untuk ngemong anak-anak dengan baik. Dan acara ini adalah salah satu wujud usaha para pamong untuk memperlengkapi diri dalam pelayanan mereka kepada anak-anak.



Setelah ibadah pembukaan, acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan-sambutan.. Sambutan pertama diberikan oleh Ketua Panitia sekaligus tuan rumah dari TRP Rayon Mataraman ini, Pdt. Bambang Subeki, S.Si yang menyampaikan selamat datang dan menjelaskan proses dan hal-hal yang dilalui panitia demi penyelenggaraan acara ini. Selanjutnya disambung oleh PHMD Kediri Selatan yang diwakili oleh Pdt Yudhi Heri Setiyono,S.Si yang mengucapkan selamat datang kepada peserta dan mengapresiasi kerja keras panitia penyelenggara. Kemudian ditutup oleh Bu Selvy sebagai ketua DPAR GKJW. Bu Selvy menyampaikan bahwa TRP adalah wahana yang baik supaya pamong dapat saling bertemu dan memperlengkapi diri mereka di tengah kemajuan anak dan jaman yang semakin cepat. Pamong harus senantiasa belajar supaya dapat mendampingi anak dengan baik sesuai konteks anak jaman now. Semangat belajar dan memperlengkapi pelayanan kepada anak itu dibuktikan oleh DPAR dengan akan adanya Kidung Ria jilid 2 dan renungan harian untuk anak yang sedang dalam proses pengerjaan. DPAR memohon dukungan kepada jemaat-jemaat sehingga media pelayanan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik. Yang terakhir, DPAR berupaya untuk tidak membatasi ruang dan kesempatan belajar para pamong, pendidik,dan orang tua serta pelayanan kepada anak dengan alasan ketiadaan biaya. Maka, DPAR mencoba menggali dana dengan menjual kaos serta absen yang keuntungannya diperuntukkan untuk pelayanan kepada anak dan remaja. DPAR mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah membantu dan tetap memohon dukungan demi terciptanya pelayanan anak dan remaja yang semakin hari semakin baik.


Pdt Bambang Subeki, S.Si - Ketua Panitia TRP Rayon Mataraman 2018

Pdt. Yudhi Heri Setiyono, S.Si - mewakili PHMD Kediri Selatan

Ibu Selvy - Ketua DPAR
Meskipun semangat berapi-api, kebutuhan fisik tidak boleh ditinggalkan. Makan. Salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan supaya kehidupan tetap terjaga,demikian pula iman dan pelayanan. Maka, setelah melewati serangkaian acara pembukaan itu, para peserta dijamu untuk menikmati masakan yang telah disediakan oleh jemaat Maron.


Mengisi energi amatlah penting, sebab acara yang selanjutnya adalah permainan dan api unggun. Tentu akan membutuhkan banyak tenaga. Dan benar saja, sesi ini sungguh menguras keringat. Selain berkeringat karena radiasi panas dari api, keringat juga mengucur karena gerakan-gerakan yang dilakukan selama permainan berlangsung. Kesigapan dan kelincahan para pamong diuji, demikian juga kesabaran. Dan tentu saja yang tak boleh lupa : sukacita!


Para peserta langusng dibagi dalam 5 kelompok, sesuai dengan kelas-kelas materi yang telah disediakan. Masing-masing KPARD lah yang menata dan bertanggung jawab sehingga ke lima materi dapat diterima oleh seluruh jemaat dalam MD nya masing-masing.


Setelah puas bermain-main, para peserta diajak untuk bersama-sama sharing , berkaca diri melalui tema TRP Rayon Mataraman ini : "QUO VADIS ?  Kemanakah Engkau Pergi?" Para pamong diajak untuk melihat keberadaan diri dan masing-masing meneliti : "Ada di mana diriku saat ini?" dan "Ke mana aku membawa anak-anak pergi?". Setidaknya kedua pertanyaan besar ini yang menuntun sesi sharing oleh para peserta.

Sesi Sharing kelompok dengan Fasilitator Pdt Maria Theofani W

Sesi Sharing Kelompok dengan Fasilitator Ibu Selvy

Sesi Sharing Kelompok dengan Fasilitator Pdt Devina Widiningsih

Sesi Sharing kelompok dengan fasilitator Pdt Galih Fendi C.


Sesi Sharing Kelompok dengan Fasilitator Pdt Galuh Iria Krislumadiya


Demikianlah hari pertama, kami tutup dengan refleksi. Kami mengaca, melihat titik pijak, sejauh apa kami berjalan, dan tujuan kami ke depan. Refleksi ini kami biarkan mengendap. Lalu kamipun menuju lelap.


Sabtu berlalu dan terbitlah Minggu! Kami tak ingin refleksi kami yang semalam mengendap terlalu lelap. Maka bangunlah kami dengan semangat untuk menindaklanjuti reflesi kami. Kesadaran sebagai pamong yang belum sempurna membuat para peserta semakin rela untuk diperlengkapi dengan berbagai materi. Namun sebelumnya, kami memulai hari dengan mendengar panggilan Tuhan yang mempersekutukan kami di dalam Ibadah Minggu yang dilayani oleh sekretaris DPAR, Pdt. Galuh Iria Krislumadiya, S.Si.
Suasana Ibadah Minggu


Visualisasi Pembacaan Kitab

Doa safaat yang dipimpin oleh perwakilan anak, orang tua dan anggota majelis jemaat
Setelah beribadah, kami bergegas masuk ke kelas-kelas materi yang telah dipersiapkan. Adapun pembagian kelas dan materinya adalah :
1. Pentingnya Pamong Memberikan Pendidikan Seks bagi Anak dan Remaja, dengan narasumber  Pdt. Kristyanti Retno W, S.Si dan fasilitator Ibu Selvy
2. Media Sosial dan Teknologi Masa Kini dalam Dunia Anak dan Remaja, dengan narasumber Bp. Dany dan Tim M1, dan fasilitator Pdt. Devina W.
3. Pelayanan yang Kreatif untuk Anak, dengan narasumber Ibu. Renny Julianti dan fasilitator Pdt.Maria Theofani W.
4. Pelayanan yang Kreatif untuk Remaja dengan narasumber Bp Thomas Kuma'at dan fasilitator Pdt Galuh I.K.
5. Membangkitkan Semangat Nasionalisme pada Anak dan Remaja melalui Pamong dengan narasumber Bp Cahaya Purnama Putra dan fasilitator Pdt Galih Fendi C.




Proses pembelajaran kami ini ditutup dengan Ibadah Pengutusan yang dilayani oleh Pdt. Kristyanti Retno W, S.Si. Di dalam ibadah pengutusan ini, para pamong diminta untuk sungguh-sungguh mengikut Kristus. Sebagaimana Ia telah ngemong kita, maka sebagai pamong juga seharusnya kita pun ngemong anak-anak sebaik mungkin yang kita bisa. Tentu saja ada banyak hal-hal yang menghalangi pamong untuk dapat melayani serta ngemong anak dengan sungguh. Maka, Pdt Kristyanti meminta para pamong untuk menuliskan secara pribadi, hal-hal di dalam diri kami yang menghambat kami mengikuti pelayanan Kristus, lalu menyerahkannya kepada Tuhan dengan simbol membakarnya di depan mimbar. Kemudian kamipun diminta mengingat dan mensyukuri talenta-talenta yang Tuhan berikan kepada kami sebagai semangat dan penunjang kami untuk mengusahakan pelayanan yang terbaik bersama Tuhan. Mensyukuri kelebihan kami sungguh mampu menolong kami pulang dengan membawa tekad serta semangat melanjutkan pelayanan kami.




Dalam ibadah ini kami juga mengumpulkan dana sebagai tanggung jawab GKJW bersama dengan UEM secara khusus bagi program United Action. Program yang dirancang serta dana yang dikumpulkan dalam payung United Action ini akan dipergunakan untuk pelayanan kepada anak.

Sebelum pulang, kami sadar bahwa persaudaraan bukanlah sebuah keadaan yang final. Persaudaraan haruslah selalu dijaga pertumbuhannya. Maka, dengan semangat untuk meneruskan semangat pelayanan kami, kami menggabungkan diri dalam Grup Facebook "Pamong Anak dan Remaja Rayon Mataraman". Grup ini dibuat sebagai wadah untuk berbagi semangat dan inspirasi pelayanan anak dan remaja. Tim yang menangani keberlangsungan grup ini juga telah terbentuk sebagai tindak lanjut tahap pertama dari kelas yang membahas media sosial dan teknologi. Mari para pamong yang berkenan untuk bergabung dengan semangat berbagi, pintu grup ini terbuka lebar bagi saudara :)


Demikianlah cerita kami dari Rayon Mataraman. Semoga semangat kami menular dan menyebar, sehingga pelayanan anak dan remaja yang kita lakukan bersama, semakin hari semakin dekat, sebagaimana kasih dan pengorbanan Kristus kepada dunia.



COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,185,Berita Jemaat,77,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,10,Foto,123,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Buruh,1,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,68,Ibadah Padang,1,Ibadah Syukur,20,Intergenerasi,3,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,3,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,36,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,17,Minggu Palmarum,1,Mulung,84,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,6,Pentakosta,3,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,Tupel,1,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,5,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: TEMU RAYA PAMONG MATARAMAN
TEMU RAYA PAMONG MATARAMAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijg8-4pLSyjUwmRYC0Gat9gCe4HRYoZ8AxNbmi6gC2GLCZFvfYW7u6qb8QNEzv-ZMIxKJ-pnl1JU_Bl1Qc5YAz4qwWgLqJ1lH98HD_t91cob-UzAAxzn2HT6BkQvTaTodXfWubCoINPvU/s1600/IMG_2731.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijg8-4pLSyjUwmRYC0Gat9gCe4HRYoZ8AxNbmi6gC2GLCZFvfYW7u6qb8QNEzv-ZMIxKJ-pnl1JU_Bl1Qc5YAz4qwWgLqJ1lH98HD_t91cob-UzAAxzn2HT6BkQvTaTodXfWubCoINPvU/s72-c/IMG_2731.JPG
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2018/10/temu-raya-pamong-mataraman.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2018/10/temu-raya-pamong-mataraman.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy