KELAS KREATIF : Berburu Harta Karun !



"Siapa yang mau berburu harta karun?", Pdt. Devina tiba-tiba bertanya kepada kami.
"Harta karun apa bu?" tanya kami penasaran.
"Rahasia! Kalau mau tau ya harus dicari dulu", kata Pdt Devina, sambil merekahkan tawa.
"Mau bu mau!"
"Oke, kalau begitu coba sekarang kumpul dulu, teman-teman yang masih di rumah dijemput yuk supaya bisa berburu harta karun bersama-sama!"

Biasanya di dalam suasana Paskah seperti ini, kami akan mencari telur yang disembunikan oleh para pamong di lingkungan gereja. Tapi, hari itu (Sabtu, 31 Maret 2018) nampaknya tidak ada acara mencari telur. Atau jangan-jangan harta karunnya berupa telur ya? Ah, Bu Devina bikin penasaran saja.

Akhirnya, setelah semua berkumpul, Bu Devina menjelaskan beberapa hal kepada kami. Ada peraturan-peraturan yang harus ditaati supaya perburuan harta karun ini dapat berjalan dengan baik.

Pertama, Bu Devina meminta semua HP ditinggal dan dititipkan kepada pamong. HP tidak dibawa, sebab menurut bu Devina, kalau kami mencari harta karun dengan membawa HP, itu membuat kami tidak fokus dan tidak bisa menikmati perburuan ini dengan baik. "Nanti malah sibuk bikin story, balas chat, atau main mobile legend," begitu katanya.

Kedua, kami harus bekerja bersama-sama. Saling membantu dan saling menjaga satu sama lain. Karena harta karun ini adalah Harta Karun untuk seluruh anggota tim. Jadi, jika mau menemukannya dengan cepat, semua harus bekerja bersama-sama. Dan jika tidak mau ada masalah dalam perjalanan, maka kami harus memperhatikan satu dengan yang lain.


Yang ketiga, kami harus membaca setiap petunjuk dengan cermat, memecahkan dan mengikuti setiap langkah-langkah yang tertulis di dalam masing-masing petunjuk.

Yang ke empat, kami diminta menunjuk ketua tim yang bertanggung jawab di dalam perjalanan ini.Setelah berdiskusi, kami menujuk Fanya untuk  menjadi ketua tim. Selain itu, kami menunjuk Shelin dan Christi untuk menjaga petunjuk-petunjuk yang kami dapatkan. Karena Bu Devina juga berpesan bahwa semua petunjuk akan berguna di akhir perjalanan, untuk menentukan lokasi harta karun tersebut.

Setelah memberikan penjelasan, Bu Devina memberi kepada kami petunjuk pertama. Kami pun  membukanya, membaca dan berusaha untuk memecahkan sandi tersebut.


"Di atas to?"
 Petunjuk yang pertama ini membawa kami menemukan petunjuk kedua yang disembunyikan di salah satu dari tiga pohon mangga besar yang ada di halaman gereja.
"mana sih?"
Kami berhasil menemukan petunjuk yang kedua. Kami buka dan baca bersama-sama. Ternyata perburuan harta karun ini tidak hanya di sekitar lingkungan gereja. Petunjuk kedua ini membawa kami untuk mengunjungi salah satu rumah warga jemaat.

Hati-hati menyeberang jalan. Ingat, Saling menjaga!

Sampailah kami di rumah Mbah Kung Wakidi. Dalam petunjuk, kami harus meminta ijin terlebih dahulu dengan sopan kepada pemilik rumah sebelum mencari petunjuk selanjutnya di lingkungan rumah mereka. Jadi, kami terlebih dahulu memberi salam dan meminta ijin. Setelah itu, barulah kami mencari-cari di sekitar kandang kelinci. Sebab petunjuk-petunjuk mengarah ke rumah kelinci. Namun di dalam petunjuk itu, kami diperingatkan supaya tidak mengganggu kelinci-kelinci yang lucu itu. Jadi harus hati-hati dan pelan-pelan.
di rumah kelinci yang mana ya?
kelinci, bantu kami donk :)
apa petunjuk selanjutnya??
Setelah menemukan petunjuk berikutnya, kami berkumpul di teras untuk memecahkannya. Setelah berhasil memecahkan petunjuk, kami berpamitan lalu bergegas menuju tempat selanjutnya.

"kami pulang eyang.. terimakasih"
Petunjuk selanjutnya membawa kami ke rumah Pak Sabar.
Sama seperti sebelumnya, kami harus meminta ijin dengan sopan kepada Bu Heining.
Dan mulailah kami mencari
mencari petunjuk apa mencari mangga sih?
ketemuuuuu!
Setelah menemukan petunjuk ketiga, kami lalu membuka petunjuk dan kembali memecahkan kata sandi yang tertulis di dalam kertas petunjuk tersebut. Wah, semakin lama sandi yang dibuat semakin sulit saja.


Tetapi kami tidak menyerah. Kami mengingat pesan bu Pendeta. "Kalau dipikirkan bersama-sama pasti bisa. Oleh sebab itu, harus bekerja sama!"


Satu persatu petunjuk telah kami pecahkan. Satu persatu tempat telah kami jelajahi. Sampailah kami pada petunjuk yang terakhir. Namun, yang terakir ini tidak berbentuk kertas seperti petunjuk yang sebelumnya. Yang terakhir ini adalah sebuah kunci. Kira-kira kunci apa ya?

"ini kunci apa bu Dev?", tanya kami.
"coba lihat semua kertas petunjuk dengan lebih teliti lagi! Pasti tahu!", jawab bu Pendeta memberi semangat.

Ternyata benar. Di belakang kertas itu ada potongan-potongan kata. Jika disusun menjadi ...


Lalu bergegaslah kami menuju ke ruang tamu kapandithan. Kami senang sekali ketika membuka rumah, kami melihat ada sebuah kardus, makanan dan minuman yang tersedia bagi kami.



"Selamat, kalian berhasil menemukan harta karunnya. Sekarang silahkan menikmati harta karunnya bersama-sama".
"Yeeeeeeyyyyyyyyyy!!!" teriak kami bahagia...
Kami senang sekali hari ini, bisa bermain bersama-sama di luar. Meskipun panas, capek dan terkadang bingung dengan sandi yang harus dipecahkan, tetapi permainan sore ini asyik sekali. Mencari harta karun, menemukan serta menikmati harta karun bersama-sama. Kami belajar untuk bekerja sama dan saling menjaga.

Ternyata bermain di luar tak kalah menyenangkan dengan bermain hp lo teman-teman! 
Teman-teman coba deh kalau tidak percaya.
Siapa tahu menemukan harta karun juga seperti kami. :)


Foto-foto dokumentasi :






























COMMENTS

Name

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Baptis,1,Berita,149,Berita Jemaat,48,Daur Majelis,2,Essay,9,Foto,89,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,Ibadah,45,Ibadah Syukur,11,Intergenerasi,1,Kafe Door,10,Kartini,2,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,2,Kerja Bakti,3,Kesekretariatan,23,KPAR,32,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,30,KPPW,7,KPT,47,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Mulung,54,Natal,8,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Paskah,5,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kudus,1,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sejarah,3,Sidang MD,1,Tahun Baru,2,Teologi,26,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,3,Warga,25,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: KELAS KREATIF : Berburu Harta Karun !
KELAS KREATIF : Berburu Harta Karun !
https://3.bp.blogspot.com/-Mc16leD7d1U/Ws4ykzbZHmI/AAAAAAAADr8/KSte8QNQ_twAELGxPCNTw32nlQxcWsnUACLcBGAs/s1600/IMG_1602.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-Mc16leD7d1U/Ws4ykzbZHmI/AAAAAAAADr8/KSte8QNQ_twAELGxPCNTw32nlQxcWsnUACLcBGAs/s72-c/IMG_1602.JPG
GKJW Jemaat Tunglur
http://tunglur.gkjw.or.id/2018/04/kelas-kreatif-berburu-harta-karun.html
http://tunglur.gkjw.or.id/
http://tunglur.gkjw.or.id/
http://tunglur.gkjw.or.id/2018/04/kelas-kreatif-berburu-harta-karun.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy