Kelas Kreatif GKJW Jemaat Tunglur

BERAWAL DARI KELAS BELAJAR...

Kelas Kreatif berasal dari Kelas Pelajaran Agama Kristen yang diadakan di GKJW Jemaat Tunglur pada tahun 2012 di pastori. Kelas tersebut dibuka karena anak-anak GKJW Jemaat Tunglur tidak mendapat pelajaran Agama Kristen di sekolah negeri. Kelastersebut dikelola oleh Majelis Jemaat GKJW Jemaat Tunglur dengan penanggung jawab Pdt. Gideon Hendro Buono. Diadakan setiap Hari Jumat pukul 16.00 WIB.


Namun seiring dengan waktu, pada tahun 2013, banyak anak sekitar yang tertarik dengan kelas belajar tersebut. Mereka menyatakan diri ingin belajar pelajaran-pelajaran sekolah umum. Akhirnya Kelas Pelajaran Agama Kristen diserahkan kepada Ibu Heining Wibawani, seorang warga jemaat yang juga adalah guru pelajaran Agama Kristen di SD Pare 2, Kediri. Pdt. Gideon lantas mengelola Kelas Pelajaran Tambahan yang diikuti oleh anak-anak Jemaat dan anak-anak sekitar. Jumlah hari Kelas Tambahan ditambah menjadi Hari Selasa, Rabu, dan Jumat. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan gratis. 

Jumlah anak yang mengikuti Kelas Pelajaran Tambahan tersebut bertambah terus hingga mencapai 20-30an anak setiap hari. Anak-anak tersebut bahkan berasal dari luar lingkungan Desa Tunglur. Kesulitan muncul karena anak-anak tersebut berasal dari kelas yang berbeda-beda, sedangkan Pdt. Gidoen pada waktu itu mengelola kelas tersebut sendiri. Di sisi lain, anak-anak juga datang di Kelas tersebut bukan hanya untuk belajar, ada yang datang untuk membaca, bermain game, atau berselancar internet. Beberapa datang untuk dibantu mengerjakan PR. 

Akhirnya pada pertengahan tahun 2013 tersebut, Kelas Pelajaran Tambahan membuat sebuah pola untuk mewadahi semua kebutuhan tersebut. Jumlah hari ditambah dan setiap hari ada kegiatan khusus. Jadwalnya adalah:
Hari Game pada Kelas Pelajaran Tambahan
digunakan anak-anak untuk bersepeda bersama. 
  • Senin: Hari Pelajaran
  • Selasa: Hari Game
  • Rabu: Hari Pelajaran
  • Kamis: Hari Membaca dan Bebas
  • Jumat: Hari Game
  • Sabtu: Hari Pelajaran
Setiap hari kelas dimulai pukul 14.00 WIB dan diakhiri pukul 17.00 WIB. Dan untuk membagi waktu kelas yang berbeda-beda, Pdt. Gideon membagi waktu kegiatan untuk masing-masing Hari Pelajaran dengan pukul 14.00-15.00 WIB untuk anak TK sampai kelas 2 SD, pukul 15.00-16.00 WIB untuk kelas 3-4 SD, dan pukul 16.00-17.00 WIB untuk yang kelas 5-6 SD. Khusus Hari Sabtu Kelas hanya berlangsung sampai dengan pukul 15.00 WIB karena setiap pukul 16.00 WIB anak-anak Jemaat mengikuti Katekisasi. 

Memasak menjadi acara menyenangkan
pada saat Hari Bebas.
Pada waktu Hari Game, mereka bermain dari gobak sodor, game matematika, mencari ikan di sungai, Amazing Race, dan banyak permainan lain. Atau kadang diisi dengan menonton film bersama. Sedangkan untuk Hari Membaca, Pdt. Gideon membukan perpustakaan kecil di rumahnya khusus untuk Kelas Pelajaran Tambahan tersebut. Kelas ini juga mengadakan rekreasi setiap tahun di wilayah seputar Kediri, seperti Gua Selamangleng dan Poh Sarang. Semuanya tidak dipungut biaya. 


... MENUJU KELAS KREATIF
Murid Pdt. Gideon di YBPK Gedangan 
Pada tahun 2015, banyak anak dari Kelas Pelajaran Tambahan yang lulus SD. Sedangkan pada tahun tersebut Pdt. Gidoen juga membantu menjadi Volunteer di SD YBPK Gedangan yang pada waktu itu kekurangan tenaga pengajar dan satu sekolah hanya 40an anak dari kelas 1-6 SD. Karena belum ada pamong yang terlibat dalam Kelas Pelajaran Tambahan, maka akhirnya Kelas Pelajaran Tambahan dikurangi waktunya. 

Banyak orang tua anak-anak termasuk dari luar desa yang sebenarnya meminta Pdt. Gideon untuk memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya. Namun, karena waktunya tidak memungkinkan, Pdt. Gideon terpaksa tidak bisa menerima permintaan-permintaan tersebut. Meskipun demikian banyak anak baik anak Jemaat maupun anak luar Jemaat yang masih sering datang ke pastori untuk berselancar internet, menonton film, membaca, atau bermain. 

Belajar Teater dalam Kelas Kreatif.
Sedangkan untuk anak-anak Jemaat, diadakan sebuah program khusus yaitu K2 atau Kelas Kreatif. Kelas Kreatif ini bukan kelas pelajaran tetapi kelas berkreasi. Kelas ini merupakan upaya yang juga dilaksanakan untuk menyambut Program DPAR GKJW, yaitu P2A (Pendampingan dan Perlindungan Anak). Karena kasus kekerasan pada anak di GKJW Jemaat Tunglur tergolong kecil, maka P2A tidak diarahkan pada anak bermasalah atau anak dengan lingkungan hidup bermasalah, tetapi untuk mendampingi dan membekali anak-anak sebagai upaya prefentif, menjauhkan mereka dari masalah-masalah dan mengajar mereka untuk sejak dini mengembangkan talenta mereka. 

Anak-anak jemaat diberikan ruang untuk membuat dan melakukan kreasi apa pun dengan pendampingan dari Pdt. Gideon. Kegiatan yang dilakukan mulai dari membuat kerajinan, membuat buku cerita, membatik, memasak, belajar teater, membaca, menonton film, berinternet, dan banyak kegiatan lainnya. Beruntung pada tahun itu adalah salah seorang warga jemaat Tunglur yang menjadi Kepala Sekolah SDK Tunas Harapan, Ibu Tri Cahyani, yang bersedia untuk mengajar anak-anak pelajaran tambahan. 

Kelas Kreatif memotong kain untuk dibuat Tas Kain
Ibu-ibu dalam rangka Hari Tanpa Tas Kresek.
Dengan tambahan tenaga tersebut, maka ada 3 kelas yang diadakan di GKJW Jemaat Tunglur, yaitu:
  • Kelas Kreatif dengan pembimbing Pdt. Gideon Hendro Buono, setiap Hari Senin dan Rabu pukul 16.00 WIB.
  • Kelas Pelajaran Agama dengan pembimbing Ibu Heining Wibawani, setiap Hari Jumat waktu menyesuaikan. 
  • Kelas Pelajaran Tambahan dengan pembimbing Ibu Tri Cahyani, setiap Selasa atau sesuai perjanjian dengan anak-anak. 

Hasil tas buatan ibu-ibu untuk Hari Tanpa Tas Kresek
dari bahan yang dibuat oleh anak-anak Kelas Kreatif.
Pada tahun 2016 bersama dengan Daur Penatua Diaken yang baru, seorang pamong yang sekaligus Ketua KPAR GKJW Jemaat Tunglur, yang berprofesi sebagai guru TK Tunas Harapan, Ibu Latifatul Isyaroh berkomitmen untuk membantu Pdt. Gideon di Kelas Kreatif. Hal tesebut adalah berita yang menyenangkan karena pada waktu itu Pdt. Gideon harus menjadi fasilitator untuk Crash Program Pendeta Angkata GKJW di Balewiyata Malang. Sehingga selama kurang lebih enam bulan Pdt. Gideon tidak bisa menemani Kelas Kreatif. Karena aktivitas Ibu Latifatul Isyaroh, maka Kelas Kreatif khusus diadakan Hari Rabu, pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai.

Bersama Ibu Latifatul Isyaroh, Kelas Kreatif terus berkembang bahkan menghasilkan banyak sekali karya. Melihat antusias anak-anak mengikuti Kelas Kreatif, maka kegiatan tersebut tidak lagi diadakan di Pastori tetapi disediakan ruang sendiri, Ruang Kelas Kreatif, dengan menyekat konsistori jemaat. Pada waktu itu kebutuhan kelas kreatif berupa alat dan bahan disediakan sehingga anak-anak bisa berkreasi dengan sebaik-baiknya. Beberapa saat juga dibuat kurikulum Kelas Kreatif sehingga proses belajar bisa berjalan dengan tertata. Dengan bantuan tenaga Ibu Latifatul Isyaroh ini, maka Pdt. Gideon tidak lagi secara langsung menangani Kelas Kreatif. 

Kelas Kreatif memberikan materi pada PRAJA II  MD KU 2.
Tampak Bu Latifatul mengajari Laras membuat
kerajinan dari tali kur. 
Pada waktu itu juga Kelas Kreatif diminta untuk mengisi pembinaan di MD Kediri Utara 2 sebagai bentuk P2A pada kelompok anak tidak bermasalah. Pada Waktu diadakan PRAJA (Pertemuan Raya Anak dan Remaja) II MD Kediri Utara 2, Kelas Kreatif juga diminta untuk mengisi materi dan sesi untuk anak-anak. Ibu Latifatul memberikan materi kepada anak dan remaja se-MD Kediri Utara 2 yang hadir dalam kegiatn terebut untuk belajar membuat kerajinan dari kain flanel dan tali kur, sedangkan Pdt, Gideon memberikan materi kepada para pamong se-MD tentang Bagaimana Menjadi Pamong yang kreatif.

Pada akhir tahun 2016, Kelas Kreatif telah berjalan rutin dengan baik bersama Ibu Latifatul Isyaroh. Sedangkan Kelas Pelajaran Agama dan Kelas Pelajaran Tambahan juga berlangsung. Berikutnya untuk tahun 2017 Kreatif mempunyai program untuk membazarkan hasil kerajinan dari Kelas Kreatif ke gereja-gereja sekitar. Kelas Kreatif GKJW Jemaat Tunglur juga membuka diri untuk memberikan bantuan jika diperlukan untuk memberikan pembinaan mengenai Kelas Kreatif baik bagi gereja maupun komunitas masyarakat lain. Kelas Kreatif kembali diadakan dua hari, Hari Senin untuk menonton film dan membuat cerita bersama Pdt. Gideon, sedangkan Hari Rabu untuk membuat karya kreatif bersama Ibu Latifatul Isyaroh. 

Aktivitas Kelas Kreatif di GKJW Jemaat Tunglur 
bersama Ibu Latifatul Isyaroh.


Aktivitas Kelas Kreatif di GKJW Jemaat Tunglur 
membuat Kartu Ucapan Sayang bersama Pdt. Gideon.

Jika Anda membutuhkan Kelas Kreatif kami untuk memberikan pembinaan mengenai Kelas Kreatif di gereja atau lingkungan Anda, silakan menghubungi kami 👉 di sini[no-sidebar]

COMMENTS

Name

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Baptis,3,Berita,160,Berita Jemaat,61,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,9,Foto,100,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT RI 78,1,Ibadah,53,Ibadah Syukur,12,Intergenerasi,2,Kafe Door,10,Kartini,2,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,3,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,35,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,30,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Mulung,67,Natal,8,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,5,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kasih,1,Perjamuan Kudus,2,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,SALIB,1,Sejarah,3,Sidang MD,1,Tahun Baru,2,Teologi,26,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,3,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Kelas Kreatif GKJW Jemaat Tunglur
Kelas Kreatif GKJW Jemaat Tunglur
https://2.bp.blogspot.com/-tcDi8o2yMws/WKBpsnZSTRI/AAAAAAAAAIY/4KzBzvuNRy0UDpe-mVHVfz58Jfp1Uvl5wCLcB/s1600/13346842_1725007294407104_5774612686287348337_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-tcDi8o2yMws/WKBpsnZSTRI/AAAAAAAAAIY/4KzBzvuNRy0UDpe-mVHVfz58Jfp1Uvl5wCLcB/s72-c/13346842_1725007294407104_5774612686287348337_n.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
http://tunglur.gkjw.or.id/2017/02/kelas-kreatif-gkjw-jemaat-tunglur.html
http://tunglur.gkjw.or.id/
http://tunglur.gkjw.or.id/
http://tunglur.gkjw.or.id/2017/02/kelas-kreatif-gkjw-jemaat-tunglur.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy