Pembinaan Penulisan Buku Kecil

15 Menitan telah  menjadi bagian kehidupan warga GKJW Jemaat Tunglur dalam doa harian keluarga (untuk membaca tentang 15 Menitan klik di sini). Sebagai sarana untuk 15 Menitan, GKJW Jemaat Tunglur menerbitkan Buku Kecil sebagai panduan setiap Minggunya. Supaya kegiatan ini semakin menjadi milik warga jemaat dan dihidupi oleh jemaat, maka Pdt. Gideon mengadakan pembinaan kepada warga untuk penulisan buku Kecil ini.

Sejak Bulan Mei 2017 ini, pencetakan Buku Kecil sudah sepenuhnya dikerjakan oleh sekretariat jemaat. Namun untuk renungan singkatnya masih dituliskan oleh Pdt. Gideon. Dan untuk itu pembinaan kepada warga jemaat dalam penulisan renungan singkat dan sederhana dirasa dibutuhkan.

Pada hari Kamis, 25 Mei 2017, KPT Jemaat mengumpulkan 13 orang warga jemaat yang memiki perhatian pada penulisan buku kecil di Gereja. Keempat belas orang tersebut berasal dari berbagai kelompok, pria, perempuan, pemuda, warga dewasa, adi yuswa, yang sudah lama menjadi warga jemaat dan yang baru. Harapannya dengan berbagai macam variasi ini, renungan Buku Kecil bisa menjadi lebih kaya teologi warga. Mereka adalah:
  1. Ibu Setyo Sayekti
  2. Ibu Latifatul Isyaroh
  3. Bp. Djoko Wahyudianto
  4. Bp. Sardju Kasim
  5. Bp. Sabar Imanuel
  6. Bp. Pujiantoro
  7. Ibu Yekti Prihatin
  8. Ibu Edy Mastuti
  9. Ibu Tri Cahyani
  10. Ibu Krisna Widiarti
  11. Sdr. Edvin Cyssara Adittama
  12. Ibu Heining Wibawani
  13. Sdr. Imanuel Bima Rosani
Dalam pembinaannya, Pdt Gideon menekankan bahwa tempat pertama bertumbuhnya iman adalah keluarga, karena itu keluarga perlu mendapat perhatian penting dalam kehidupan iman seseorang. Teologi warga sangat berharga, karena di sanalah warga pertama kali mengenal Tuhan dan bertumbuh. Bahasanya mungkin bukan Bahasa para teolog dengan segala kerumitannya, tetapi Bahasa sehari-hari yang membangun, memotivasi, dan menumbuhkan harapan akan kebaikan dan cinta kasih.

Dalam pertemuan tersebut, Pdt. Gideon juga memberikan catatan penulisan buku kecil sebagai berikut:

1.       Tulisan diutamakan dari Bacaan I (Perjanjian Lama), karena Perjanjian Lama yang jarang dibaca oleh jemaat. Tetapi jika bagi Anda bahan dari Perjanjian Lama terlalu sulit boleh mengambil daro Bacaan II (Perjanjian Baru).
2.       Tulisan berbentuk renungan yang bisa direnungakan dengan mudah oleh setiap keluarga mulai dari Anak-anak sampai dengan Lansia. Ditulis dengan bahasa yang sederhana
3.       Ketentuan Renungan:
a.       Cukup 3 paragraf, paling banyak 4 paragraf. Masing-masing paragraf terdiri dari kurang lebih 50-75 kata.
b.       Paragraf I dan II berisi konteks hari ini/ ilustrasi dan hubungan antara bacaan alkitab dengan ilustrasi tersebut.
Paragraf III berisi refleksi.
c.       Sifat dari renungan adalah memotivasi, hindari kata-kata yang menyakitkan atau menimbulkan kepahitan. Hindari kepahitan diri sendiri dalam menuliskan sehingga tulisan bersifat netral, tidak untuk menyalahkan orang lain.
d.       Sebisa mungkin renungan dibuat sedekat mungkin dengan konteks kehidupan sehari-hari di Tunglur.
e.       Renungan ditutup dengan doa yang sesuai dengan isi renungan. Doa bisa untuk gereja, warga jemaat, bisa untuk masyarakat, untuk saudara dan keluarga, atau untuk kehidupan berbangsa.
f.        Jika bisa renungan disesuaikan dengan tema pekan di GKJW.
4.       Bahan buku kecil untuk 2 minggu ke depan diserahkan kepada sekretariat (Bu Ifa/ Sdr. Edvin) paling lambat pada waktu Kemisan. Contoh: renungan untuk Minggu III Bulan Juni diserahkan pada saat Kemisan Minggu I. Untuk itu:
a.       Setiap Kemisan, KPT selalu mengingatkan jadwal membuat renungan untuk Minggu-minggu berikutnya.
b.       Sekretariat berinisiatif untuk meminta renungan dari penulis renungan.
c.       Jika ada penulis renungan yang merasa kesulitan untuk renungan pada bagiannya bisa meminta kepada KPT untuk diganti.
5.       Tugas sekretariat  untuk mengurutkan doa bagi keluarga di jemaat Tunglur.

Pertemuan ditutup dengan pembagian tugas menulis mulai Bulan Juni dari daftar bacaan GKJW setahun.  Ke-13 penulis mendapatkan bagian 7-8 tulisan.

Buku Kecil ini melengkapi Pancaran Air Hidup (PAH) yang diterbitkan oleh GKJW, karena tidak semua keluarga berlangganan PAH. Dalam penggunaannya, Buku Kecil bisa digunakan bersama-sama dengan PAH, bagi warga yang berlangganan. Namun penekanan 15 Menitan adalah membina warga bertumbuh dalam teologi yang mandiri. Dengan demikian, harapannya buku kecil benar-benar menjadi media bertumbuh bersama dari, oleh, dan untuk warga. Mewujudkan GKJW sebagai benar-benar gereja gerakan warga.


COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,180,Berita Jemaat,75,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,10,Foto,119,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,64,Ibadah Syukur,18,Intergenerasi,3,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,2,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,36,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Minggu Palmarum,1,Mulung,82,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,4,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Pembinaan Penulisan Buku Kecil
Pembinaan Penulisan Buku Kecil
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkAt_aIEjgxa1dEbZDGkuAdCn15kLMrmRBKU067fwmRTH78P6gpS9Rl6s0QycRj8ATPKIQh4jiASWFkawFBx71PF7FRcsH4DAkhHaYAqhWX6Flxq52DEgbv72oUSBNUs5ATXKHdOPJYyU/s1600/aDSC_0320.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkAt_aIEjgxa1dEbZDGkuAdCn15kLMrmRBKU067fwmRTH78P6gpS9Rl6s0QycRj8ATPKIQh4jiASWFkawFBx71PF7FRcsH4DAkhHaYAqhWX6Flxq52DEgbv72oUSBNUs5ATXKHdOPJYyU/s72-c/aDSC_0320.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2017/05/pembinaan-penulisan-buku-kecil.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2017/05/pembinaan-penulisan-buku-kecil.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy