Panca Wisma: Membangun Keluarga Berkualitas dalam Bulan Keluarga

Hari ini, tepatnya Jumat, 21 Juni 2024, menjadi awal diadakannya Ibadah Panca Wisma di Tunglur, yang kemudian akan dilakukan lagi hari Jumat mendatang.

Ibadah Panca Wisma adalah salah satu kegiatan ibadah dalam Bulan Keluarga di GKJW. Kegiatan ini dirancang untuk memperkuat ikatan antaranggota jemaat melalui persekutuan yang lebih intim dan mendalam dalam kelompok-kelompok kecil.

Lalu, apa makna dari Panca Wisma ini? Dan mengapa di Bulan Keluarga GKJW perlu ada Ibadah Panca Wisma?

Makna Panca Wisma:

Panca:
Kata "Panca" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti "lima." Angka lima sering kali melambangkan keseimbangan, kelengkapan, dan harmoni. Dalam konteks Ibadah Panca Wisma, angka lima dapat merepresentasikan lima aspek penting yang menjadi fokus utama dalam ibadah ini.

Wisma:
Kata "Wisma" dalam bahasa Jawa berarti "rumah" atau "tempat tinggal." Wisma menggambarkan lingkungan yang hangat, akrab, dan penuh kehangatan keluarga. Ini menunjukkan bahwa ibadah dilaksanakan dalam suasana yang nyaman seperti di rumah sendiri.


Merujuk pada makna kata "Panca" dan "Wisma", perlu dipahami aspek-aspek dalam Panca Wisma itu sendiri

Lima Aspek Utama dalam Panca Wisma:

1. Keluarga:
Menekankan pentingnya kebersamaan dan keharmonisan dalam keluarga. Ibadah Panca Wisma mengajak setiap anggota keluarga untuk ikut berpartisipasi, mempererat hubungan antara orang tua dan anak, serta memperkuat pondasi keluarga Kristen.

2. Iman:
Memperdalam pemahaman dan penghayatan akan iman Kristen melalui pembacaan dan pendalaman Alkitab. Diskusi dan doa bersama dalam kelompok kecil membantu setiap anggota jemaat untuk tumbuh dalam iman.

3. Komunitas:
Membangun ikatan yang kuat antarwarga jemaat. Ibadah Panca Wisma memungkinkan anggota jemaat untuk saling mengenal lebih baik, menciptakan lingkungan yang saling mendukung dan peduli.

4. Edukasi:
Menjadi sarana pembelajaran bersama mengenai nilai-nilai Kristen dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Setiap pertemuan memberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman iman.

5. Pelayanan:
Mengajak jemaat untuk terlibat dalam pelayanan, baik di dalam gereja maupun di masyarakat. Melalui kegiatan sosial dan pelayanan, anggota jemaat belajar untuk hidup berbagi dan membantu sesama.


Tujuan Ibadah Panca Wisma:

1. Mempererat Tali Persaudaraan:
Ibadah Panca Wisma bertujuan untuk mempererat hubungan persaudaraan di antara anggota jemaat. Dengan beribadah dalam kelompok kecil, setiap anggota dapat saling mengenal lebih dekat, berbagi cerita, dan mendukung satu sama lain dalam kehidupan rohani dan keseharian.

2. Meningkatkan Kualitas Iman:
Melalui Ibadah Panca Wisma, anggota jemaat didorong untuk lebih aktif dalam diskusi dan pemahaman firman Tuhan. Pendalaman Alkitab dilakukan dengan cara yang interaktif dan partisipatif, sehingga setiap anggota dapat tumbuh dan berkembang dalam iman.

3. Menumbuhkan Kebersamaan Keluarga:
Kegiatan ini juga menekankan pentingnya keluarga dalam kehidupan gereja. Ibadah Panca Wisma sering kali diadakan di rumah-rumah anggota jemaat, menciptakan suasana yang hangat dan akrab, serta menumbuhkan kebersamaan dalam keluarga-keluarga Kristen.


Dengan adanya Ibadah Panca Wisma, Bulan Keluarga di GKJW menjadi momen yang sangat berarti bagi setiap jemaat untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan sesama, serta memperkokoh fondasi iman dan keluarga dalam komunitas gereja.

Di Tunglur, terdapat 3 kelompok yang sudah sejak beberapa tahun lalu dibentuk; Matius, Markus, dan Lukas, dengan pembagian:

Matius: Keluarga Bp. Wedy, Bp. Prasetyo Adi, Ib. Dyah Supeni, Bp. Endro, Ib. Dyah Fajar & Sdr. Andik, Sdr. Oktavianus, Bp. Suhartono, Bp. Lukas, Bp. In Hari, Bp. Sunaryo, Ib. Mujiatmi, Bp. Joko Mulyono, Ib. Esti Utami;

Markus: Keluarga Ib. Suprihatin, Bp. Wakidi, Ib. Sukarni, Bp. Sabar, Ib. Sri Rahayu, Ib. Suminah, Bp. Tri Harso Darmawan, Bp. Suyatno, Bp. Frika;

Lukas: Keluarga Bp. Djoko Wahyudianto, Bp. Tigor, Bp. Nowo, Bp. Agung, Ib. Sri Amani, Bp. Alindra, Pastori (Pdt. Priyo Utomo), Ib. Sariati, Ib. Sediani, Bp. Setyo Wahono, Ib. Warniningasih, Bp. Puguh, Ib. Titik.

Ketiga kelompok ini bersama membangun Ibadah Panca Wisma dengan tempat dan pelayan yang telah ditetepkan oleh KPT:
Kelompok Matius bertempat di rumah Bp. Suhartono, dengan Pelayan Firman Bp. Djoko Wahyudianto dan Liturgos Sdr. Elisabeth; kelompok Markus bertempat di rumah Bp. Wakidi, dengan Pelayan Firman Ib. Latifatul dan Liturgos Sdr. Bima; dan kelompok Lukas bertempat di rumah Bp. Nowo, dengan Pelayan Firman Ib. Sediani dan Liturgos Sdr. Edvin.


Ibadah Panca Wisma adalah sebuah konsep yang tidak hanya sekadar pertemuan ibadah, tetapi juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan dalam keluarga, komunitas, dan dengan Tuhan. Melalui lima aspek utama yang diusung, Panca Wisma memberikan makna yang mendalam dalam memperkuat iman, keluarga, dan pelayanan jemaat GKJW. Dengan demikian, Panca Wisma tidak hanya menjadi kegiatan rutin, tetapi juga sebuah perjalanan rohani yang membawa perubahan positif dalam kehidupan setiap anggota jemaat.

Mari bersama memaknai Bulan Keluarga ini dengan penuh damai, sukacita, dan kebersamaan bersama keluarga kita di jemaat.


Berikut dokumentasi Ibadah Panca Wisma:

Matius









Markus







Lukas














Foto oleh: Riko, Gabriel, Christi, Bima, Tristan, Edvin

COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,191,Berita Jemaat,79,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,3,Bulan Kesaksian dan Pelayanan,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,11,Foto,125,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Buruh,1,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,71,Ibadah Padang,1,Ibadah Syukur,20,Intergenerasi,4,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,3,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,37,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,8,KPT,47,Lansia,1,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,17,Minggu Palmarum,1,Mulung,86,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Anak,1,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,6,Pentakosta,3,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,Tupel,1,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,5,Warga,27,Wartawan Cilik,8,Yayasan Kesehatan,1,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Panca Wisma: Membangun Keluarga Berkualitas dalam Bulan Keluarga
Panca Wisma: Membangun Keluarga Berkualitas dalam Bulan Keluarga
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl7owIVGSCNkopA_Jj1cU9ETrfmxF6rcjy2bdITmozF3HRrCGXlU6GSyuO5RV13kBx8nRukEYUQroFXKD7SHrQUHC3xMn_lSoedNBg1HgmAUIo9Ql48zQ9Nr2kT2Qxbk32lISIzG5t9_d4ThBMAdkfxfWrBbhsoMiXJd6W4dogHBaIgOxc_KPIGNzHI8U/s16000/pw.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhl7owIVGSCNkopA_Jj1cU9ETrfmxF6rcjy2bdITmozF3HRrCGXlU6GSyuO5RV13kBx8nRukEYUQroFXKD7SHrQUHC3xMn_lSoedNBg1HgmAUIo9Ql48zQ9Nr2kT2Qxbk32lISIzG5t9_d4ThBMAdkfxfWrBbhsoMiXJd6W4dogHBaIgOxc_KPIGNzHI8U/s72-c/pw.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2024/06/panca-wisma-membangun-keluarga.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2024/06/panca-wisma-membangun-keluarga.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy