Merenungkan Ajaran Yesus dalam Pekan Suci : Merenungkan Kebijaksanaan dan Pengorbanan Yesus

Sebentar lagi, kita sebagai umat Kristen akan kembali memasuki Tri Hari Suci. Tri Hari Suci juga dikenal sebagai Triduum Paschal, adalah serangkaian perayaan yang dimulai dengan Kamis Putih, dilanjutkan dengan Jumat Agung, dan berakhir dengan Malam Paskah atau Sabtu Suci.


Hari ini, kami telah melalui 4 hari setelah dimulainya Pekan Suci dengan merenungkan ajaran-ajaran Yesus melalui Ibadah Keluarga di masing-masing kelompok. Pekan Suci sendiri dalam tradisi gerejawi, mencakup periode dari Minggu Palma hingga Malam Paskah atau Sabtu Suci. Ini adalah waktu yang sangat penting dalam kalender liturgis gerejawi yang memperingati peristiwa-peristiwa kunci dalam kehidupan, penderitaan, dan kebangkitan Yesus Kristus.


Berikut adalah rangkuman peristiwa-peristiwa yang diperingati selama Pekan Suci:

Minggu Palma: Minggu Palma menandai kedatangan Yesus ke Yerusalem sebelum Paskah. Umat di seluruh dunia sering mengenakan daun-daun palem dalam upacara keagamaan untuk mengingat kedatangan Yesus yang disambut dengan sukacita oleh orang-orang.
Senin, Selasa, dan Rabu Suci: Pada hari-hari ini, umat merenungkan ajaran-ajaran Yesus, persiapan-Nya menjelang Perjamuan Terakhir, dan pengkhianatan Yudas Iskariot.
Kamis Putih: Pada Kamis Putih, umat Kristen memperingati Perjamuan Terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya, institusi Sakramen Ekaristi, dan Sakramen Imamat. Ini juga merupakan awal dari Triduum Paschal.
Jumat Agung: Jumat Agung adalah hari yang sangat khusus di mana umat bersama merenungkan kematian Yesus Kristus di kayu salib. 
Sabtu Suci atau Sabtu Sunyi: Sabtu Suci adalah hari penghormatan bagi Yesus yang telah mati dan dimakamkan. Ini adalah hari kesunyian dan refleksi sebelum perayaan besar Paskah.


Pekan Suci dalam tradisi Kristen adalah waktu yang diisi dengan refleksi mendalam tentang kehidupan, penderitaan, dan kebangkitan Yesus Kristus. Bagian penting dari Pekan Suci adalah Senin, Selasa, dan Rabu Suci, yang mengarahkan umat Kristen untuk merenungkan ajaran-ajaran Yesus, persiapan-Nya menjelang Perjamuan Terakhir, dan pengkhianatan yang Dia alami.


Senin Suci: Menghargai Kebijaksanaan dan Kepemimpinan Yesus

Senin Suci menyoroti kebijaksanaan dan kepemimpinan Yesus Kristus. Umat bersama merenungkan ajaran-ajaran-Nya yang penuh hikmat dan cinta kasih, serta cara-Nya dalam mengajar dan memberikan contoh bagi umat-Nya. Ini adalah waktu untuk menghargai dan meneladani sikap bijaksana dan penuh kasih dari-Nya.

Selasa Suci: Memperdalam Pengajaran dan Persiapan Menuju Perjamuan Terakhir

Selasa Suci merupakan kesempatan bagi umat Kristen untuk memperdalam pemahaman akan pengajaran Yesus dan persiapan-Nya menjelang Perjamuan Terakhir. Hari ini seringkali diisi dengan meditasi akan ajaran-ajaran moral, etika, dan spiritual yang Dia ajarkan kepada murid-murid-Nya.

Rabu Suci: Mengingat Pengkhianatan dan Kesetiaan

Rabu Suci adalah hari di mana umat Kristen merenungkan pengkhianatan yang dialami Yesus oleh Yudas Iskariot. Ini adalah waktu yang mengajarkan pentingnya kesetiaan, integritas, dan pengampunan dalam hubungan manusia. Umat Kristen juga sering berpartisipasi dalam Perayaan Pengampunan atau Sakramen Tobat sebagai persiapan menyambut Paskah.


Setelah merenungkan ajaran dan pengorbanan Yesus Kristus selama Senin, Selasa, dan Rabu Suci, umat Kristen memiliki harapan untuk hidup yang lebih baik dan lebih bermakna. Dengan menerima ajaran-Nya, umat Kristen diarahkan untuk hidup dalam kasih, kebenaran, dan kesetiaan, serta memiliki pengharapan akan kehidupan yang kekal bersama-Nya.

Pekan Suci dan ibadah selama Senin, Selasa, dan Rabu Suci mengingatkan umat akan pentingnya iman, pengharapan, dan kasih dalam mengikuti jejak Yesus Kristus.


Berikut dokumentasi Ibadah Kelompok dalam Senin, Selasa dan Rabu Suci:

Klp. Matius


Klp. Markus


Klp. Lukas






Foto oleh:
Elisabeth (Matius), Imanuel Bima (Markus), Edvin Cyssara (Lukas)

Artikel:
Edvin Cyssara

COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,180,Berita Jemaat,75,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,10,Foto,120,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,65,Ibadah Syukur,18,Intergenerasi,3,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,3,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,36,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Minggu Palmarum,1,Mulung,82,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,4,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Merenungkan Ajaran Yesus dalam Pekan Suci : Merenungkan Kebijaksanaan dan Pengorbanan Yesus
Merenungkan Ajaran Yesus dalam Pekan Suci : Merenungkan Kebijaksanaan dan Pengorbanan Yesus
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgk6yt4MmyTo1hRKqviHy8YGpjpsXefJakVkDzluFEu2B7W4c3s8fYfeVlfKtLD65sL6u0clCrTL0yg4_8tR8gG2D9Y1I1G_bbrxsXe7669KZwIhQ7PpC4E5sa6PEAaccs7-a1bdMEyXwYgDMTFUhaO6iz93rcQlnfAdqNbuyTAtyOFofr0UTsXgIe3hWc/s16000/pekan%20suci%20web.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgk6yt4MmyTo1hRKqviHy8YGpjpsXefJakVkDzluFEu2B7W4c3s8fYfeVlfKtLD65sL6u0clCrTL0yg4_8tR8gG2D9Y1I1G_bbrxsXe7669KZwIhQ7PpC4E5sa6PEAaccs7-a1bdMEyXwYgDMTFUhaO6iz93rcQlnfAdqNbuyTAtyOFofr0UTsXgIe3hWc/s72-c/pekan%20suci%20web.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2024/03/merenungkan-ajaran-yesus-dalam-pekan.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2024/03/merenungkan-ajaran-yesus-dalam-pekan.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy