Perayaan Minggu Pentakosta 2021 | Minggu, 23 Mei 2021

Sudah menjadi tradisi selama beberapa tahun terakhir jika hari Pentakosta tiba, maka di jemaat Tunglur diadakan Ibadah Padang dalam rangka menghayati dan merayakan hari Pentakosta. Sudah sejak satu tahun yang lalu ketika pandemi virus corona mulai mewabah, Ibadah Padang ditiadakan dan jika mengingat tahun lalu, Ibadah Padang hanya dilakukan di kelompok-kelompok kecil di rumah masing-masing dan seiring dengan adaptasi kebiasaan baru dan diberlakukannya protokol kesehatan dalam peribadatan, kami bersyukur tahun ini kami dapat merayakan Pentakosta meskipun dalam kesederhanaan namun sungguh terasa sukacita yang besar di dalam berlangsungnya ibadah dan perayaan Pentakosta hari ini.

Rangkaian perayaan Pentakosta dan persiapannya yang begitu membuat kami semua antusias dalam merayakan sukacita ini dengan semangat sebenarnya sudah dimulai sejak dua minggu lalu. Dimana sejak itu kami yang terbagi dalam tiga kelompok kecil mempersiapkan persembahan penampilan dalam kelompok kami masing-masing.  Latihan dan persiapan pun sudah mulai dilakukan. Dibawah koordinasi dengan koordinator kelompok yang ditunjuk oleh KPT, latihan dan persiapan dalam kelompok pun nampak dilakukan dengan baik. Adapun pembagian anggota kelompok dimulai dari kelompok satu yang berisi para warga yang bertempat tinggal di dusun sambiresik bagian barat mulai dari  rumah Bapak In Hari hingga  Bapak Lukas. Kemudian kelompok dua ialah warga yang bertempat tinggal di bagian tengah mulai dari rumah  Bu Suminah hingga  rumah  Bu Sih Subekti dan Bu Sri.  

Sabtu siang 22 Mei 2021  pembersihan dan penataan tempat mulai dilakukan. Ibadah Padang kali ini dilakukan di depan bakal Gazebo   yang ada di  halaman kapanditan. Panggung dan penampilan serta pelayan ibadah berada di gazebo  yang terbuka sementara jemaat berada di halaman kapanditan. Dekorasi dan penataan audio berlangsung hingga Sabtu malam dan akhirnya semua tertata dan siap digunakan untuk beribadah.

Tibalah di hari ke-50 setelah Paskah yaitu hari perayaan Pentakosta. Seperti biasa sebelum ibadah dimulai persiapan dilakukan di konsistori. Bu Heining selaku sekretaris KPT yang menjadi koordinator dalam acara ini memandu jalannya persiapan, setelah para petugas selesai berdoa  dan semua warga yang telah melewati pemeriksaan protokol kesehatan berkumpul di lokasi akhirnya ibadah dimulai. Dalam ibadah kami menggunakan lagu-lagu Kidung Ria. Sebab dalam Ibadah Padang ini anak-anak dan remaja bergabung bersama dengan warga dewasa.




Diiringi suasana sejuk di pagi hari yang indah dan kicauan burung yang merdu sungguh menambah sukacita ibadah hari ini.  Dalam firman Tuhan yang kami renungkan dari Kisah Para Rasul 2:1-21 kami bersama-sama belajar menghayati bahwa peristiwa turunnya Roh Kudus yang kami hayati bersama hari ini  kami belajar bahwa  Roh Kudus yang telah dicurahkan hendaknya membawa semangat untuk terus memelihara  dan mensyukuri keutuhan sebuah persekutuan bahwa dalam memandang keutuhan sebuah persekutuan pasti tidak hanya kesepahaman namun juga pasti ada kalanya ada ketidaksehatian. Merengkuh keberbedaan dalam persekutuan  merupakan bentuk menyerahkan diri untuk dibimbing oleh kuasa Sang Roh Kudus.  Roh Kudus ada dan telah tinggal di dalam hati kita, namun kadang rasa ego dari hati kita yang dapat membuat Roh Kudus tidak kita rasakan kehadiranNya. Maka di momen Pentakosta ini semoga kita semua semakin diingatkan untuk menyerahkan hidup agar dibimbing oleh Sang Roh Kudus.

Ibadah berjalan dengan cukup singkat dan setelahnya dilanjutkan dengan perayaan berisi penampilan dari masing-masing kelompok. Adapun yang bertugas dalam Ibadah antara lain:

Koordinator  dan MC: Ibu Heining Wibawani;

Pembawa Firman: Pdt. Adi  Sih Nugroho;

Liturgos: Ibu Tri Cahyani;

Pemusik: Sdr. Bima, Sdr. Nanda, Sdri. Debora dan Bpk. Tri Harso Darmawan;

Pandu Puji: Sdri. Griscipta, Ank. Zefanya dan Ank. Shelintina;

Pengakuan Iman: Sdri. Bernadetha;

Pembaca Alkitab: Ank. Elisabet;

Doa Syafaat: Pnt. Sabar  Imanuel, Pnt. Djoko W, Dkn. In Hari Purwanto, Pnt. Krisna W;

Dokumentasi: Sdr. Edvin dan Ank. Axel;

Koordinator Kelompok: Klp. 1 Sdri. Griscipta, Klp. 2 Sdr. Edward, Klp. 3 Sdri. Risma.

Ibadah dimulai tepat pukul 07.00 dan berakhir  kurang dari pukul 08.00. Tibalah di bagian perayaan dan penampilan kelompok. Kelompok maju diurut berdasarkan nomer kelompok. Kelompok 1 mengawali persembahan penampilannya dengan sebuah drama  yang menampilkan realita kehidupan sehari-hari yang kemudian mengajak kami semua untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki dan dikaruniakan oleh Tuhan. Kelompok satu mengakhiri penampilan dengan bernyanyi bersama yang berisi pujian disertai gerak yang sungguh menambah sukacita dalam perayaan Pentakosta hari ini. Untuk penampilan yang kedua, kelompok 2 mengawali penampilan dengan sebuah yel-yel yang menambah semangat penampilan kelompok, kemudian  dilanjutkan dengan pembacaan puisi, bernyanyi bersama dan juga pantun. Dan terakhir penampilan kelompok 3 diisi dengan menyanyi bersama di awal dilanjutkan dengan berjoget bersama sambil berbalas pantun. Kekompakan, kelucuan bahkan kekeliruan yang ada justru menambah semarak sukacita bersama, rasanya seperti sudah lama kami tidak merasakan suasana dan gembira seperti ini.

Kegembiraan kami pun bertambah manakala di acara hari ini Bpk. Pujiantoro juga dapat hadir dan syukur kepada Allah semakin hari kondisi kesehatannya boleh semakin berangsur membaik.  Semoga  Tuhan semakin menjamah dan memberi pemulihan bagi Bpk. Pujiantoro. Di akhir acara  semua warga yang hadir dan yang berulang tahun di bulan Mei dipersilakan untuk  naik  ke panggung dan didoakan bersama-sama. Sungguh merupakan kebetulan yang indah bahwa di bulan Mei ada banyak sekali warga yang berulang tahun mulai dari anak, remaja, pemuda hingga lansia, mereka antara lain ( *=tidak hadir): Anl. Audrea, Ank. Axel, Ank. Shelintina, Ank. Elisabeth, Ank. Meyvia*, Sdr. Nanda,  Sdri. Bernadetha, Ibu Edi Mastuti, Ibu Sediani, Bpk. Sabar, Ibu Sundari,  Ibu Tri Cahyani, Bpk. Tigor , Ibu Roida*,  Bpk. Deddy*, Ibu Djuwariyah*, Ibu Setyo  Sayekti*, Bpk. Joko Mulyono, Ibu Indah K* dan Bpk. Wahyu Dwi*. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa di bulan Mei ini  sangat banyak warga jemaat yang berulang tahun. Kiranya pertambahan usia boleh membawa semua yang berulang tahun pada ucap syukur yang penuh dan terus mengalir pada Tuhan.




Perayaan ulang tahun sederhana menjadi akhir dari seluruh rangkaian acara Ibadah  Padang hari Minggu Pentakosta hari ini.  Masih dengan menjaga jarak dan menaati protokol kesehatan, secara singkat dan sederhana kami makan bersama di halaman kapanditan. Dengan diiringi persembahan pujian dari Ank. Christi dan Sdri. Debora. Suara merdu dan alunan petikan gitar Sdr. Bima  menjadi pemanis dalam akhir kebersamaan di Ibadah Padang ini. Pukul 09.30 panggung dibersihkan, kursi mulai ditata kembali dan kami bahu-membahu menata segala alat dan perlengkapan yang digunakan menjadi sarana ibadah hari ini. Singkat memang kebersamaan hari ini, Ibadah Padang yang tidak dilakukan di tempat yang jauh, hanya di halaman kapanditan, tetapi biarlah kebersamaan ini semakin meyakinkan kami bahwa meskipun kami masih bersama dalam keterbatasan tetapi biarlah itu kami syukuri sebagai karya Sang Roh Kudus yang membawa kami pada sebuah sukacita meski dalam kesederhanaan,  kami yakin  Roh Kudus yang kami peringati pencurahanNya pada hari ini  akan menuntun kami untuk terus bertumbuh, terus mengasihi dan terus melayani … Amin.

















































Penulis: Pdt. Adi Sih Nugroho

COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,192,Berita Jemaat,79,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,3,Bulan Kesaksian dan Pelayanan,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,11,Foto,125,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Buruh,1,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,71,Ibadah Padang,1,Ibadah Syukur,20,Intergenerasi,4,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,3,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,37,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,9,KPT,47,Lansia,1,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,17,Minggu Palmarum,1,Mulung,86,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Anak,1,Pekan Kebangunan Wanita,1,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,6,Pentakosta,3,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,Tupel,1,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,5,Warga,27,Wartawan Cilik,8,Yayasan Kesehatan,1,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Perayaan Minggu Pentakosta 2021 | Minggu, 23 Mei 2021
Perayaan Minggu Pentakosta 2021 | Minggu, 23 Mei 2021
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPbivSvIASa_YzXYoz8c6boyA8xKKaKYtpwuF3AcUW3WNdxLoh9m-TQcNMaLEs8P6YMnL4qujUsXfFKe1RBdv9uBOiAHc45CY6tGTK2Gi2MZhnRu-wCgaxiCyTK2bkj1BKkUyP-1dtj8c/s16000/27.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiPbivSvIASa_YzXYoz8c6boyA8xKKaKYtpwuF3AcUW3WNdxLoh9m-TQcNMaLEs8P6YMnL4qujUsXfFKe1RBdv9uBOiAHc45CY6tGTK2Gi2MZhnRu-wCgaxiCyTK2bkj1BKkUyP-1dtj8c/s72-c/27.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2021/05/perayaan-minggu-pentakosta-2021-minggu.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2021/05/perayaan-minggu-pentakosta-2021-minggu.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy