Jalan-Jalan pada Hari Doa Sedunia 2018


Hari Minggu datang lagi! Horeeee libuuurrr! Selain hari libur, Minggu juga berarti waktunya beribadah. Sudah dua bulan ini, ibadah anak dan remaja di GKJW jemaat Tunglur dipindah menjadi jam 9, setelah Ibadah dewasa.

Kami akan diajak kemana ya hari ini? Beberapa hari yang lalu para pamong berkata bahwa hari Minggu kami akan jalan-jalan jauuuh. Kami juga diminta untuk memakai baju yang ada warna merah atau kuning, atau hijau atau putih-nya. Wah kenapa yaaaa?? Jadi penasaran, nih!
Loh, tumben Bu Pdt pakai rok dan topi? Ada kacamatanya juga! Apa kami mau diajak jalan-jalan ke pantai ya? Aduh, kami makin nggak sabar deh..
Kata Bu Pdt, tempatnya jauh jadi kita tidak boleh pergi sendirian. Nanti kalau sendirian bisa tersesat nggak sampai tempat. Kalau begitu, kami mau pergi bersama Yesus saja supaya tidak tersesat. Kalau berjalan bersama Yesus, walaupun jauh pasti akan sampai dengan selamat :)
Jalan Serta Yesus,yuk!
"Sudah sampaaaai!", kata bu Pendeta.
Tapi kami masih bingung kami sampai di mana.
"Ini di mana, buuuu?", tanya kami..
"Coba tebak!", kata bu Pendeta lagi.
"Vietnam! Amerika! Afrika! Brazil! Jepang!"
Jawaban kami salah semua. Lalu Bu Pendeta mengajak kami menonton video singkat.
menonton video
Ternyata, siang ini kami diajak jalan-jalan ke Suriname. Tapi videonya terlalu singkat. Kami masih belum paham seperti apa Suriname itu. Jadi, Bu Pendeta memanggilkan dua temannya untuk menjelaskan seperti apa Suriname itu. Nah, ketika ada teman Bu Pendeta nanti, kami nanti diminta untuk menyapa dengan kata "Morgu!" Ini kalau dalam bahasa Indonesia seperti salam selamat pagi.


Kemudian, teman-teman bu Pendeta yang dari Suriname itu menjelaskan negara mereka.
Ya..ya. kami jadi lebih paham dengan negara Suriname.
Oh, itu bendera Negara Suriname
menyimak


Wah bajunya orang-orang Suriname unik sekali ya.. Yang perempuan memakai rok-rok panjang warna-warni dan ikatan kepala. Tapi ternyata, di Suriname ini banyak sekali etnis yang berkembang, sehingga baju dan tradisi-tradisinya bermacam-macam dan merupakan campuran dari para pendatang.
Bahasa resmi yang dipakai adalah bahasa Belanda, tapi juga ada bahasa etnis yang berkembang khususnya dalam masa kolonial yang disebut bahasa Sranan. Dan uniknya, di Suriname juga ada sebagian penduduknya yang berbahasa Jawa. Wow!
Di Suriname tanahnya subur seperti di Indonesia. Sekitar 90% wilayah negara ini ditutupi oleh hutan hujan tropis. Oleh sebab itu flora dan fauna di sana bervariasi. Selain hutan hujan tropis, banyak juga sungai-sungai besar di sana. Karena di Sebelah utara negara ini adalah Samudra Atlantik, maka mereka juga memiliki pantai yang indah dengan penyu dan binatang-binatang laut yang cantik.
Waaahh ternyata Suriname memang mirip dengan Indonesia. Hanya saja wilayah mereka sangat kecil jika dibandingkan dengan negara kita ini. Tapi kesuburan tanah dan keindahan alamnya tak jauh berbeda.
Setelah itu, bersama dengan teman-teman di Suriname kami membaca Alkitab dari Kejadian 1 : 1-31, menceritakan bagaimana Tuhan menciptakan dunia. Semua ciptaan Allah adalah baik! "A heri grontapu di Gado meki bun doro, doro!"

Tapi kami sadar bahwa sekarang ini alam sudah semakin rusak. Dan kerusakan itu lebih banyak diakibatkan oleh kebiasaan buruk manusia. Jadi, dengan ajakan teman-teman di Suriname, kami juga mau untuk mengubah kebiasaan buruk yang dapat merusak alam, dan menggantinya dengan kebiasaan baik yang menolong alam ciptaan Tuhan ini kembali menjadi baik, seperti yang Tuhan inginkan.

membagi kelompok

Jadi, mulai hari ini kami belajar untuk membiasakan diri, membuang sampah pada tempat sampah. Dan juga memilah-milah sampah. Sebab, sampah dari bahan-bahan organik dapat dijadikan pupuk yang berguna bagi tanaman. Sedangkan sampah-sampah yang dari bahan-bahan anorganik, khususnya plastik dan kertas dapat dijadikan bahan kerajinan.


Para pamong membagi kami dalam 2 kelompok. Kelompok organik dan kelompok anorganik. Kami diminta untuk menghias label tempat sampah sesuai kelompok kami, lalu memunguti sampah dan membuangnya sesuai di tempatnya masing-masing.
mewarna dan menghias label bersama-sama :)
hasil karya kami
setelah kotor-kotor, jangan lupa cuci tangan ya!
Setelah itu, kami melanjutkan ibadah kami dengan berdoa syafaat. Dalam doa syafaat yang kami lakukan bersambung bergantian ini, kami juga tidak lupa berdoa untuk teman-teman kami di Suriname.

eits, ada yang mainan >.<
Jadi, begitu cerita HDS kami dari jemaat Tunglur. Mari teman-teman kita tingkatkan kebiasaan baik kita untuk merawat alam serta membiasakan 4R (Reuse, Reduce, Recycle,Replant :D). Yuk kita jaga alam kita, rumah pemberian Tuhan ini. Kalau bukan kita yang jaga, mau siapa lagi? :)

Foto-foto dokumentasi..



















































COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,170,Berita Jemaat,70,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,10,Foto,112,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,59,Ibadah Syukur,17,Intergenerasi,3,Kafe Door,10,Kartini,2,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,3,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,36,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Mulung,77,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,6,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kasih,1,Perjamuan Kudus,4,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,1,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,4,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Jalan-Jalan pada Hari Doa Sedunia 2018
Jalan-Jalan pada Hari Doa Sedunia 2018
https://3.bp.blogspot.com/-O2w-ziiDzsI/WqoVXbnv_zI/AAAAAAAADoE/MuFHuokXz9kDYyFeInzKiy7-8cKJ-p-4ACLcBGAs/s1600/Gambar%2B1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-O2w-ziiDzsI/WqoVXbnv_zI/AAAAAAAADoE/MuFHuokXz9kDYyFeInzKiy7-8cKJ-p-4ACLcBGAs/s72-c/Gambar%2B1.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2018/03/jalan-jalan-pada-hari-doa-sedunia-2018.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2018/03/jalan-jalan-pada-hari-doa-sedunia-2018.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy