Panen Ketiga Padi Organik GKJW Jemaat Tunglur


Sawah padi organik GKJW Jemaat Tunglur sebagai pilot project Program Kedaulatan Pangan GKJW di MD Kediri Utara 2 siap untuk dipanen ketiga kalinya. Kelompok Tani GKJW Jemaat Tunglur bekerja sama dengan Kelompok Tani Kepung dalam pengembangan padi organik ini. Kelompok Tani Kepung bertindak sebagai pembina dan penyedia kebutuhan pupuk dan pestisida organik sementara jemaat belum bisa memproduksi sendiri. Kepung juga memberikan pembinaan dan pendampingan secara terus menerus kepada kelompok Tani GKJW Jemaat Tunglur.

Banyak orang berpikir bahwa tanaman organik banyak ditanam orang karena harganya mahal, tetapi ada alasan lain yang mendasari pilot project ini. Program ini adalah usaha untuk membiasakan warga jemaat dan masyarakat pada umumnya untuk mulai sadar pada kesehatan. Banyak penyakit yang hari ini timbul karena sejak masa tanam, para petani tidak bisa tidak bergantung pada bahan-bahan kimia. Dan seperti diketahui bersama, bahan-bahan kimia tersebut berdampak buruk pada kesehatan, khususnya setelah berjangka panjang.

Namun ada alasan lain mengapa pilot project ini dilakukan selain alasan kesehatan. Alasan tersebut adalah upaya berteologi dan bersaksi. Disebut upaya berteologi karena tanaman organik yang ramah lingkungan adalah upaya untuk berbelarasa dengan segala ciptaan. Jika dihayati Tuhan hadir dalam segala entitas di dunia ini, maka Tuhan juga ada rasa kasih sayang kita kepada lingkungan hidup. Teologi praktis ini mungkin didengarkan umum agak tidak biasa. Namun inilah yang ditanamkan dalam pengelolaan program padi organik ini. Selama ini banyak orang menanam sesuatu semata-mata karena berupaya untuk mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya, sehingga tanah diperas kesuburannya.

Di sisi lain ini juga upaya bersaksi, sebuah panggilan utama Gereja selain bersaksi dan bersekutu. Hari ini GKJW memahami kesaksian tidak lagi dilakukan dengan upaya pekabaran Injil door to door. Konteks Jawa yang menghargai harmoni dalam pluralitas, keberagaman, memanggil GKJW untuk melihat kembali upaya bersaksi secara kontekstual. Lebih lagi hari ini GKJW melihat ekumene tidak sekadar sebagai upaya bersekutu dan tinggal serumah dengan sesama umat Kristen saja, tetapi juga dengan segenap ciptaan, termasuk di dalamnya umat beragama lain dan lingkungan, Maka GKJW mengambil sebuah pilihan bahwa kesaksian utama GKJW hari ini, sebagai gereja gerakan warga, kesaksian dilakukan oleh para warga jemaat melalui tingkah laku hidup sehari-hari dan pekerjaan. Upaya bersaksi yang lain dikembangkan dengan gerakan-gerakan ramah kepada lingkungan. Dengan itu diharapkan GKJW bisa mewujudkan panggilannya bersaksi, mengabarkan kasih Tuhan kepada semua orang dan sesama ciptaan. Hal tersebut yang disadari oleh GKJW Jemaat Tunglur karena itu sejak awal tahun 2016, GKJW Tunglur membatuk kelompok tani untuk mengusahakan sawah di jemaat.

Dua kali panen padi organik GKJW Jemaat Tunglur memang turun dari biasanya. Beberapa alasan adalah karena masa tanam yang tidak bersama-sama dengan sawah di sekitarnya. Alasan berikutnya adalah karena memang tanah menyesuaikan diri dari kondisi biasanya yang menggunakan pupuk dan pestisida kimia anorganik beralih menjadi pupuk kandang dan pestisida organik. Pada panen yang pertama, karena masih sebuah usaha uci coba, hama wereng juga menyerang. Sampai dengan hari ini hasil penjualan beras hanya cukup untuk menutupi kebutuhan tersebut. Tetapi semangat mengembangkan program ini tidak hilang, karena seperti rencana awal akan dievaluasi setelah masa tanam kelima, dilihat hasilnya pada masa tanam keenam. Telah diketahui bersama, sampai dengan masa tanam kelima tanah yang ditanami tanaman organik akan menurun drastis hasilnya. Tetapi biasanya setelah lima kali, karena kondisi tanah sudah beradaptasi, maka hasil akan naik.

Beras organik GKJW Jemaat Tunglur sudah mendapatkan lisensi 100 persen organik dari pemerintah dan memenuhi standar nasional untuk pada organik. Hari ini hasil berupa beras dibungkus 5 kilo per pak, dengan harga per pak Rp 85.000,-. Sementara ini karena hasilnya belum besar (masih 100 ru yang ditanami untuk pilot project ini), maka pemasarannya masih di sekitar lingkup MD Kediri Utara 2. Ada permintaan besar dari Gempol untuk menyuplai 2 ton setiap bulan, tetapi tentu saja untuk kesempatan saat ini masih belum memungkinkan.

Jika Anda tertarik untuk memesan Beras Organik "Pasti Sehat" GKJW Jemaat Tunglur, yang telah berlisensi 100 persen organik, silakan menghubungi di sini.

COMMENTS

Name

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Baptis,3,Berita,160,Berita Jemaat,61,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,9,Foto,100,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT RI 78,1,Ibadah,53,Ibadah Syukur,12,Intergenerasi,2,Kafe Door,10,Kartini,2,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,3,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,35,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,30,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Mulung,67,Natal,8,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,5,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kasih,1,Perjamuan Kudus,2,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,SALIB,1,Sejarah,3,Sidang MD,1,Tahun Baru,2,Teologi,26,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,3,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Panen Ketiga Padi Organik GKJW Jemaat Tunglur
Panen Ketiga Padi Organik GKJW Jemaat Tunglur
https://2.bp.blogspot.com/-AmunGhAAsI8/WKEMuEjEnrI/AAAAAAAAAOg/AqBp0C_zAmEraekztNDRt32Gu_GrcYkDgCPcB/s1600/7.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-AmunGhAAsI8/WKEMuEjEnrI/AAAAAAAAAOg/AqBp0C_zAmEraekztNDRt32Gu_GrcYkDgCPcB/s72-c/7.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
http://tunglur.gkjw.or.id/2017/02/panen-ketiga-padi-organik-gkjw-jemaat.html
http://tunglur.gkjw.or.id/
http://tunglur.gkjw.or.id/
http://tunglur.gkjw.or.id/2017/02/panen-ketiga-padi-organik-gkjw-jemaat.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy