Keluarga Sardju Kasim: Boleh Sepuh, tapi Jangan Berhenti Melayani


Namanya Bapak Sardju Kasim (73) dan Ibu Dyah Supeni (74). Sepasang suami istri yang berasal dari GKJW Jemaat Tunglur. Namun walaupun sudah adi yuswa, keduanya masih setia melayani. Kondisi kesehatan mereka tidak selalu fit, sama seperti para adi yuswa yang lain. Ibu Dyah Supeni yang biasa dipanggil Bu Sardju sering mengalami kesulitan berjalan, sedangkan Pak Sardju pernah mengalami sakit jantung koroner dan masih harus terus minum obat sampai hari ini. Tetapi itu bukan alasan untuk lantas diam dan tidak melakukan sesuatu.

Pak Sardju adalah tokoh adi yuswa di GKJW Jemaat Tunglur yang sangat aktif. Beliau adalah koordinator Bidang Teologi, PHMJ, dan Ketua Komisi Pembinaan Adi Yuswa GKJW Jemaat Tunglur. Kepada rekan-rekan lansia beliau selalu mengumandangkan semangat, "Sehat! Kuat! Semangat!" mengajak para lansia lain untuk tidak menyerah dengan usia, tetapi sepanjang masih diberikan Tuhan kehidupan dan kekuatan jangan berhenti melayani dan berbuat baik. Daur ini beliau juga terpilih menjadi Ketua Komisi Pembinaan Adi Yuswa di MD Kediri Utara 2.

Kandang Ayam Bu Sardju.
Sedangkan Bu Sardju adalah salah seorang Pokja PEW GKJW Jemaat Tunglur, beliau memelihara ayam bahkan dalam keterbatasan fisiknya. Semuanya diberi makan sendiri dan dipanen pada saatnya olehnya sendiri. Beliau juga berencana untuk memelihara kelinci setelah ini. Beliau juga aktif dalam Kelompok Rukun Kematian, Pokja Duka GKJW Jemaat Tunglur. Beliau mengajari banyak rekan untuk melayani kematian dengan sebaik-baiknya. Baik Pak Sardju ataupun Bu Sardju sangat rajin mengikuti Paduan Suara Lansia GKJW Tunglur, yang pada tahun 2014 memenangkan juara I lomba Paduan Suara Lansia MD Kediri Utara 2.

Kandang Ayam Bu Sardju.
Keduanya memang telah melayani jauh lebih lama. Pak Sardju adalah salah satu tokoh di GKJW Jemaat Simomulyo pada waktu gereja tersebut baru didirikan. Beliau di bawah asuhan Ibu Peni tergabung dalam paduan suara yang mewakili Jawa Timur ke berbagai acara Pesta Paduan Suara di Indonesia. Sedangkan Bu Sardju dulu pernah menjadi Sekretaris KPPWD Surabaya Timur pada masa mudanya.

Beliau memiliki dua orang anak yang tidak tinggal bersama dengan mereka pada saat ini. Bu Diana dan Mas Lila demikian biasa anak-anaknya dipanggil. Bu Diana adalah saalah seorang majelis di GKJW Jemaat Wiyung, sedangkan Mas Lila adalah suami dari Pdt. Eko Susilowati, pendeta GKJW yang pada saat tulisan ini ditulis melayani di GKJW Jemaat Singosari. Karena jarak yang tidak dekat, kedua orang tua ini jarang bertemu dengan anak-anak dan cucunya. Karena itu saat pertemuan dengan anak dan cucu sangat dirindukan. Namun walaupun demikian mereka sangat bersukacita karena kedua anaknya dan keluarga mereka tetap menjadi keluarga yang setiap melayani Tuhan. Kebahagiaan orang tua adalah melihat anak-anaknya bisa terus setia kepada Tuhan, demikian diungkap oleh mereka dalam banyak pembicaraan.

Bu Sardju hari ini telah menuntaskan pembacaannya atas Alkitab, dia berharap bisa khatam membaca Alkitab beberapa kali. Kegiatan tersebut dianggap sangat menenangkan hati beliau. Dan 15 Menitan GKJW Jemaat Tunglur adalah kegiatan yang sangat mereka nikmati.  "Usia boleh sepuh, tetapi semangat terus jalan. Jangan pernah berhenti setia kepada Tuhan! Jangan berhenti melayani! Sehat! Kuat! Semangat!" Ujar Pak Sardju ketika menutup kebaktian adi yuswa setiap bulan dengan penuh semangat.

COMMENTS

Nama

15 Menitan,59,ACWC,2,adi yuswa,2,Adven,1,Baptis,3,Berita,180,Berita Jemaat,75,Bulan Budaya,1,Bulan Keluarga,1,Bulan Kitab Suci,1,Daur Majelis,2,Essay,10,Foto,119,Gereja Suaka Iklim,3,Hari Doa Sedunia,3,HPPGA,2,HUT,3,HUT ke-135 Tahun,1,HUT RI 78,1,Ibadah,64,Ibadah Syukur,18,Intergenerasi,3,Jumat Agung,2,Kafe Door,10,Kamis Putih,1,Kartini,2,Kelas Kreatif,12,Kelas Mulung,5,Kemerdekaan,3,Kerja Bakti,4,Kesekretariatan,23,Kespel,2,KPAR,36,KPAY,5,KPK,6,KPMG,2,KPP,11,KPPL,8,KPPM,32,KPPW,8,KPT,47,Lomba Agustusan,1,Majelis,1,MD Kediri Utara 2,16,Minggu Palmarum,1,Mulung,82,Natal,12,Oikumene,1,P2A,5,PA,3,Padus anak,1,Pamong,1,Paskah,11,Pekan Pemuda,1,Pemuda,23,Pendeta,5,Pentakosta,2,Perjamuan Kasih,2,Perjamuan Kudus,5,Pertanian Organik,4,PEW,15,PJS,1,Pokja Reportase,2,Poster Natal,1,PPerjamuan Kudus,1,Pra Paskah,8,Produk Cafe Door,3,Produk Jemaat,5,Produk Kelas Kreatif,2,Produk Pemuda,1,Program,8,Program Unggulan,40,PTWG,3,Renungan,50,Sabtu Sunyi,1,SALIB,1,Sejarah,4,Sidang MD,1,Tahun Baru,3,Teologi,27,Tokoh,5,UEM,2,UKDW,1,Unduh-unduh,4,Warga,27,Wartawan Cilik,8,
ltr
item
GKJW Jemaat Tunglur: Keluarga Sardju Kasim: Boleh Sepuh, tapi Jangan Berhenti Melayani
Keluarga Sardju Kasim: Boleh Sepuh, tapi Jangan Berhenti Melayani
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiuueK5l0QCpdGzFpWtgvf64lKquND2ObINRv3pMTnz2XGcLUoVxHfQJIHPCg4WucuSI67RyRFNToijduJrlp8MaDQtVaHT3MhGw1sIGHP3BeedcgwmtNYJvoe_X0KQRYx3ZLghnF4tWQ/s1600/Pak+dan+Bu+Sardju.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiuueK5l0QCpdGzFpWtgvf64lKquND2ObINRv3pMTnz2XGcLUoVxHfQJIHPCg4WucuSI67RyRFNToijduJrlp8MaDQtVaHT3MhGw1sIGHP3BeedcgwmtNYJvoe_X0KQRYx3ZLghnF4tWQ/s72-c/Pak+dan+Bu+Sardju.jpg
GKJW Jemaat Tunglur
https://tunglur.gkjw.or.id/2017/02/keluarga-sardju-kasim-boleh-sepuh-tapi.html
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/
https://tunglur.gkjw.or.id/2017/02/keluarga-sardju-kasim-boleh-sepuh-tapi.html
true
6179814512795437537
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy